oleh

Tahun 2018, Kunjungan Wisman ke Aceh Meningkat 36 Persen

-Aceh, Travel-48 views

PENANEGERI, Banda Aceh – Menurut catatan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Aceh meningkat pada tahun 2018 yang naik menjadi 36 persen.

Tahun 2017 lalu, jumlah wisman yang berkunjung ke Aceh sebanyak 78. 980 orang dan tahun 2018 menjadi 106.281 orang.

“Alhamdulillah, tren kunjungan wisman ke Aceh meningkat setiap tahun. Tahun 2018 bertambah menjadi 27.301 orang,” ujar Kadisbudpar Aceh, Jamaluddin di Banda Aceh, Rabu (6/2) kemarin.

Jamaluddin menjelaskan, kunjungan wisman ke Aceh berasal dari berbagai sejumlah negara. Namun, wisman yang masih mendominasi yakni berasal dari Malaysia yang jumlahnya mencapai 24.874 orang.

“Posisi wisman kedua beras dari Australia dengan jumlah 1.368 orang, ketiga Tiongkok berilah 830 orang, Filipina berjumlah 737 orang dan India berjumlah 387 orang wisman dengan sejumlah negara lainnya,” ungkap Jamal.

Tahun ini, Pemerintah Aceh melalui Disbudpar Aceh pun akan menyelenggarakan sejumlah kegiatan atau even wisata yang diyakini akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisman asing ke Aceh.

Sementara, Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani Sulaiman mengatakan, beragam kegiatan melalui branding ‘The Light Of Aceh’ menjadi salah satu faktor pendukung meningkatnya wisata asing.

Baca Juga  Kompol Jatmiko Jabat Waka Polres Bireuen

“Alhamdulillah branding ini membuat Aceh terus dikenal di mancanegara melalui berbagai kegiatan budaya dan pariwisata yang dilakukan selama ini.  Kita yakin dengan beragam promosi tahun ini akan menambah jumlah kunjungan wisatawan,” ungkapnya.

Komentar

Berita Terbaru