oleh

Taiwan : Kapal Induk China berlayar ke Zona Pertahanannya

PENANEGERI, Desk Internasional – Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa Kapal induk China Liaoning memasuki zona identifikasi pertahanan udara Taiwan pada hari Rabu pagi (12/7) dalam perjalanan pulang dari Hong Kong, demikian dirilis oleh kantor Berita Reuters, hari Rabu (12/7).

Kapal Induk China Liaoning meninggalkan Hong Kong pada siang hari Selasa (11/7), sebelum memasuki zona pertahanan Taiwan dengan melakukan perjalanan ke arah utara melalui sisi barat Selat Taiwan, demikian penjelasan Kementerian Pertahanan Taiwan.

Taiwan telah memantau situasi, tidak mendeteksi hal yang tidak biasa dan tidak perlu khawatir, demikian menurut Kementerian Pertahanan Taiwan.

Liaoning adalah Kapal Induk pertama China yang dibangun oleh Soviet. Kapal Induk Liaoning ini berada di Hong Kong untuk acara yang menandai ulang tahun ke 20 kembali wilayah Hongkong  ke pemerintahan China dari Inggris.

Ini adalah keempat kalinya Liaoning berlayar di dekat Taiwan, namun sebelumnya hal itu dikatakan Beijing adalah latihan rutin.

Kapal Induk Liaoning merupakan kapak Induk China yang memiliki dek ski jump yang unik. Dek Ski Jump ini sebagai landasan pacu ke udara bagi pesawat jet China yang dibawa oleh kapal Induk Liaoning itu.

Kapal Induk China, Liaoning merupakan kapal induk pertama di armada People’s Liberation Army Navy (PLAN).

Kapal induk Liaoning ini diklasifikasikan sebagai kapal pelatihan. Awalnya kapal induk ini dibuat pada tahun 1985 untuk Angkatan Laut Soviet sebagai kapal penjelajah kelas Kuznetsov Riga, yang diluncurkan pada tanggal 4 Desember 1988 dan berganti nama menjadi Varyag pada tahun 1990.

Setelah pembubaran Uni Soviet pada tahun 1991, pembangunan dihentikan dan kapal disiapkan untuk dijual.

Kapal induk tersebut kemudian dibangun kembali oleh China dibawah armada (People’s Liberation Army Navy/PLAN) dan diberi nama Kapal Induk Liaoning pada tanggal 25 September 2012.

Meski ditujukan untuk kapal pelatihan, namun menurut pemerintah China kapal Induk Liaoning juga siap untuk difungsikan sebagai kapal perang. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *