oleh

Tak Ada Truk, Warga di Empat Kecamatan di Bireuen Buang Sampah Sembarangan

PENANEGERI, Bireuen – Akibat tidak didatangi truk sampah, sebagian warga di empat kecamatan dalam Kabupaten Bireuen membuang sampah sembarangan, dan tak sedikit warga terpaksa membuang sampah ke sungai dan saluran irgasi.

Menurut Informasi, ke empat kecamatan yang selama ini tidak masuknya truk sampah yakni, untuk Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Makmur, Peusangan Selatan, dan sebagian kawasan Juli Bireuen.

Camat Makmur, Kabupaten Bireuen, Azmi S.Ag kepada wartawan, Kamis (5/12) mengaku, sejauh ini pusat Kota Kecamatan Makmur atau di eude Ulee Gle hingga kini belum pernah didatangi truk sampah.

“Rata-rata masyarakat harus membuang sampah sembarangan, bahkan ada juga oknum warga yang ikut membuang sampah ke sungai, hutan, maupun semak belukar,” ujarnya

Akibatnya, kondisi kawasan itu mulai tidak nyaman lagi sehingga sungai mulai menimbulkan bau yang tidak sedap.

Kita, tambah Camat Makmur, sangat mengharapakan adanya truk yang datang ke Makmur serta ikut  menyediakan kontainer sampah di pusat kota, sehingga warga kawasan itu bisa memanfaatkan kontainer tersebut.

Hal senada juga dikatakan Camat Peusangan Siblah Krueng, Armadi SHi. Menurutnya, selama ini masyarakat Keude Lhung Daneun juga sering membuang sampah sembarangan akibat tidak masuknya truk sampah.

“Sebagian warga juga ikut membuang sampah diareal tanah Pemda, sehingga kesan arealnya kumuh dan semakain jorok,” ungkapnya.

Guna menghindari hal ini, kami telah menyampaikan persoalan ini ke Pemkab Bireuen, dan meminta agar dibantu truk sampah dan tenaga kebersihan ke Keude Lhueng Daneun.

Selama ini, lanjut Armadi, sebagian pedagang dan masyarakat di Keude Lhueng Daneun, Peusangan Siblah Krueng ikut mengumpulkan sampah, lalu dibakar. Tapi ada juga sebagian pedagang dan warga yang ikut membuang sampah sembarangan.

“Menyahuti hal ini, kami sangat mengharapkan adanya bak sampah, selanjutnya truk sampah yang ikut mengambil sampah setiap dua hari sekali, dan ini sangat membantu agar sampah tidak dibuang sembarangan,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *