oleh

Tanggul Saluran Irigasi Jebol, Belasan Rumah di Cureh Bireuen Terendam

PENANEGERI, Bireuen – Sedikitnya belasan rumah warga di Dusun Barat, Cureh Desa Geulanggang Gampong, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen terendam banjir luapan, Selasa (2/6).

Pasca terendamnya banjir tersebut, sebagian warga terpaksa mengungsi ketempat keluarga dekatnya, karena ruangan rumah mereka ikut terendam air.

Menurut sejumlah warga Cureh, Geulanggang Gampong kepada Penanegeri.com, terendamnya balasan rumah di Dusun Barat akibat jebolnya saluran buangan irigasi di ruas jalan ke pasar Induk Cureh yang belum diperbaiki.

“Saluran buangan irigasi di pinggi jalan Pasar Induk Cureh hingga kini belum diperbaiki, sehingga air dengan mudah masuk ke perkarangan rumah warga,” sebut Zainal, seorang warga Cureh, Geulanggang Gampong.

Geuchik Desa Cureh, Geulanggang Gampong, Akmal saat dikonfirmasi terpisah mengatakan, setelah banjir luapan itu, ada 17 unit rumah warga yang ikut terendam.

“Banjir luapan ini disebabkan adanya saluran jebol, sehingga  air meluap ke pemukiman warga di Dusun Barat, Cureh dan ketinggian air berkisar 40 sentimeter,” katanya.

Ditempat terpisah, Kadis Sosial Bireuen, Mulyadi SE MM melalui Kabid Rehabilitasi dan Jaminan Sosial, Faisal Kamal S Sos mengaku, banjir luapan yang melanda Dusun Barat, Cureh/Geulanggang Gampong terjadi karena patahnya saluran irigasi di kawasan alan pasar Induk.

“Ada belasan rumah warga yang terendam di Cureh, sementara laporan lain juga ada desa yang ikut terendam banjir yakni di Desa Cot Keutapang, Jeumpa,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *