oleh

Tangkapan Terbatas, Harga Kepiting di Aceh Utara Melonjak

-Aceh, Ekonomi-80 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Harga kepiting yang ditawarkan pedagang di pinggir-pinggir jalan di Kabupaten Aceh Utara mengalami kenaikan yang semula Rp 100.000 kini menjadi Rp 170.000 per kilogram. Hal ini karena kurangnya pasokan, akibat minimnya tangkapan.

Pantauan Penanegeri.com, seperti yang dijual di kawasan Syamtalira Aron, kepiting bakau ukuran besar harganya mencapai Rp 180 ribu. Namun ada juga kepiting yang ukuran kecil dijual dengan harga mayoritas Rp 100 ribuan.

“Biasanya, semakin besar kepiting bakau yang dijual, juga semakin mahal harganya. Tapi belakangan ini kondisi cuaca juga mempengaruhi sehingga ukuran kepiting pun juga hanya kecil-kecil. Kepiting yang biasanya dijual Rp 50 ribu jadi Rp 100 ribu,” ujar Zulfikar salah seorang pedagang kepiting di lokasi setempat.

Menurutnya, kenaikan harga tersebut telah berlangsung sejak dua pekan terakhir, ini juga kemungkinan akibat pengaruh menjelang lebaran dan bahkan selama bulan Ramadhan, permintaan kepiting juga tinggi, sehingga stoknya juga terbatas.

“Sekarang, kepiting paling murah Rp 80 ribuan lah. Di bawah itu tidak ada. Bahkan kalau kepiting bakau yang merah dan keras serta isinya penuh, apalagi bertelur, itu harganya bisa mencapai Rp 300 ribu,” timpalnya.

Komentar

Berita Terbaru