oleh

Terima Penghargaan APIP, Walikota Langsa Minta OPD Terus Pacu Prestasi

-Aceh-36 views

PENANEGERI, Banda Aceh – Pemerintah Kota (Pemko) Langsa kembali mengukir prestasinya. Kali ini Kota dibawah komando mendapatkan penghargaan Kapabilitas APIP dan Maturitas Penyelenggaraan SPIP, Jumat (14/2) di Gedung Serba Guna Setda Aceh, di Banda Aceh.

Penghargaan itu diserahkan oleh Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, MT didampingi Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Dadang Kurnia, AK, MBA, CA, yang diterima Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE.

Usai meraih penghargaan itu, Walikota Langsa menyampaikan terima kasih kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi terkait atas capaian prestasi ini.

“Ucapan terima kasih kepada Inspektorat Kota Langsa yang telah berupaya keras untuk memenuhi seluruh persyaratan untuk mencapai kriteria yg telah ditetapkan sehingga Kota Langsa mampu pencapai level 3 pada penilaian APIP Ini,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan agar OPD lainnya juga terpacu untuk meningkatkan prestasi-prestasi nya.

“Saya mengharapkan prestasi ini menjadi rangsangan bagi dinas-dinas lain yang belum berhasil meraih penghargaan-penghargaan dan saya juga mengharapkan Inspektorat Kota Langsa ke depannya agar dapat menjadi pilot project kabupaten / Kota pertama yang berhasil mencapai level 4 pada penilaian berikut nya,” ungkap Usman Abdullah.

Baca Juga  Lansia non PKH, Nek Ainsyah Terima Batuan Kursi Roda dari Kami Peduli Bireuen

Sementara itu, Inspektur Kota Langsa, Sahrial, SE.Ak mengatakan, bahwa Pemerintah Kota Langsa mendapatkan peghargaan lapabilitas APIP Level 3 bagi Inspektorat Kota Langsa dan penghargaan Maturitas Penyelenggaraan SPIP Level 3 bagi Pemerintah Kota Langsa.

“Penilaian kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) level 3 mencerminkan bahwa APIP Kota langsa telah memiliki kompetensi untuk melakukan praktek profesional dalam kegiatan audit dan telah mampu mengimplementasikan prinsip akuntabilitas dalam manajemen kerja di lingkungan inspektorat,”tuturnya.

Ia juga menambahkan, dengan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Pemko langsa yang dinilai berada pada level 3 menggambarkan, bahwa Pemerintah Kota langsa telah mampu menerapkan sistem pengendalian secara internal.

“Mulai dari tahap level kebijakan hingga pelaksanaan kebijakan di tataran implementasi oleh seluruh OPD dengan diikuti oleh kegiatan evaluasi secara continue atas efektivitas penerapan kebijakan tersebut,” tutupnya.

Penyerahan penghargaan itu bertepatan dengan acara Pelantikan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Aceh.

Komentar

Berita Terbaru