oleh

Tim Gabungan dan BPOM Sita Obat Kuat Tanpa Izin di Samalanga Bireuen

-Aceh-1.040 views

PENANEGERI, Bireuen – Tim gabungan dari Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) didampingi personel Ditreskrimsus Polda Aceh, Tipidter Satreskrim Polres Bireuen melakukan pengecekan barang-barang kosmetik dan obat-obatan, di Samalanga, Kabupaten Bireuen, Rabu (17/7).

Dalam pengecekan dan pemeriksaan lapangan, tim tersebut menemukan sejumlah obat kuat yang tidak memiliki izin resmi dari BPOM.

Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK MSi melalui Kasat Reskrim Iptu Eko Rendi Oktama SH kepada wartawan, Rabu (1/7) mengatakan, tim gabungan melakukan pengecekan di salah satu toko jamu dan ramuan tradisional, kawasan pasar Samalanga Bireuen.

“Dalam pengecakan itu, tim gabungan berhasil menemukan sejumlah obat kuat dengan merek Tongkat Ajimat Madura, Obat Kuat Liong, Cobra Y, Alyvera Crem dan obat-obat tersebut tidak memiliki izin resmi BPOM,” katanya.

Selain itu, tim juga ikut menemukan obat kuat Libido Super, Minyak Lintah Papua, Urat Kuda, Gali-gali, Beruang, Vmak Oil, Hajar Jahanam Mesir, Naymen dan Nangen.

Baca Juga  Usai Diperbaiki Kerusakan Pipa, Suplai Air PDAM Bireuen Kembali Normal

Selanjutnya seluruh obat-obatan tanpa izin dalam jumlah besar kini diamankan pihak BPOM Aceh, sedangkan pemiliknya ikut dimintai keterangan terkait kepemilikan obat kuat tampa izin tersebut.

Diakui Eko Rendi Oktama, tim gabungan akan melakukan kegiatan lainnya dengan tujuan agar pedagang tidak menjual obat-obatan atau kosmetik tanpa mencantumkan label izin dari BPOM.

“Seluruh obat kuat yang beredar itu belum memiliki izin dan dikhawatirkan dapat membahayakan si pemakai atau konsumen,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru