oleh

Tim Zenius UM Siap Tanding dalam PIMNAS 2019

PENANEGERI, Malang – Tiga Mahasiswa Kimia Universitas Negeri Malang (UM) berhasil menciptakan katalis untuk hidrolisis pelepah pisang menjadi glukosa pada pertengahan 2019.

Penemuan dicetuskan oleh Tim Zenius UM yang terdiri atas Dinar Rachmadika Baharintasari, Muhammad Roy Asrori, dan Yana Fajar Prakasa.

Proses Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Penelitian, Gedung O2 Kimia, Universitas Negeri Malang selama tiga bulan dengan menggunakan dana hibah dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) melalui kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Penelitian ini didasarkan atas keprihatinan limbah pelepah pisang di daerah Malang yang tidak dimanfaatkan, sehingga menimbulkan bau busuk dan tidak sedap, serta dapat menjadi pencemar alam. Padahal, secara teori pelepah pisang mengandung 63 persen selulosa yang dapat diubah menjadi glukosa.

Namun, hingga saat ini, proses hidrolisis selulosa masih sangat lambat.

Hal inilah menginspirasi Tim Zenius UM untuk menemukan solusi efisiensi waktu proses reaksi hidrolisis selulosa dan menggunakan bahan yang mudah ditemukan di tengah masyarakat.

“Dalam penelitian ini, kami menciptakan katalis Zeolit-Y berasal dari silika hasil pemurnian pasir pantai yang bersifat lebih murni daripada katalis zeolit alam, kemudian diaktivasi menggunakan asam yang ramah lingkungan. Setelah selama tiga bulan penelitian di Laboratorium Penelitian Kimia UM, didapatkan glukosa dari reaksi hidrolisis selulosa dengan yield 0,849%”, ungkap Dinar kepada redaksi PenaNegeri, Kamis (8/8).

Berkat penelitian tersebut, Tim Zenius UM mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya adalah PT. Zenius Education perusahaan yang menaungi bidang pendidikan di Indonesia.

Selain itu, Tim Zenius UM terpilih menjadi peserta dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), sebuah ajang bergengsi tingkat nasional yang diadakan oleh Kemristekdikti dan akan diselenggarakan di Universitas Udayana, Bali pada 27-30 Agustus 2019 mendatang.

“Kami berharap adanya dukungan dan masukan demi keberhasilan penelitian kami dan penelitian kami dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar”, jelas Roy di akhir.

Adapun Identitas dari para anggota TIM ZENIUS PKM adalah :
-Dinar Rachmadika Baharintasari, Mahasiswa Kimia UM
-Muhammad Roy Asrori, Mahasiswa Kimia UM
-Yana Fajar Prakasa, Mahasiswa Kimia UM
Jl. Semarang No. 5 65145 Malang Jawa Timur. (Red)

 

Komentar

Berita Terbaru