oleh

Timun Suri, Buah Khas di Bulan Ramadhan yang Tetap Digemari

PENANEGERI, Bireuen – Selama bulan Ramadhan, permintaan timun suri di sejumlah pasar kecamatan, serta di kota Bireuen tetap digemari masyarakat.

Buah berbentuk lonjong dengan warna kulit kuning dan sedikit kehijauan serta halus ini memang makanan paling khas dan tetap menjadi incaran di bulan Ramadhan, disamping menu lainnya.

Menurut seorang pedagang timun suri asal gampong  Cot Geuleumpang, Kecamatan Kuala, Bireuen, M Ali kepada Penanegeri.com, Minggu (12/5) mengaku, timun suri ini diambil langsung dari petani dikawasan Cot Batee, dan di Ujong Blang, Kuala.

Tak hanya dikawasan itu, para pedagang maupun agen juga mengambil timun suri dari petani di Simpang Kameng, Peusangan dan kembali dipasarkan ke kota Bireuen.

“Satu hari bisa laku 20 sampai 30 buah dengan harga jual mulai Rp 8 ribu hingga Rp 15 ribu per buah,” ujarnya.

Menurut M Ali, selama ini petani yang kerap menanam buah timun ini kebanyakan petani di Cot Batee dan Ujong Blang, Kuala serta dipedalaman Simpang Kameng, Peusangan dan Kutablang.

Baca Juga  Usai Dijambret, Dokter di Bireuen Dirawat di Rumah Sakit

Tak hanya M Ali, sejumlah pedagang lainnya juga ikut menjajakan timun yang memiliki rasa khas ini dan jarang didapatkan di bulan lain selain bulan Ramadhan di pusat Kota Bireuen.

“Kalau di bulan Ramadhan, timun suri sudah menjadi ciri khas tersendiri bagi masyarakat. Sebab timun ini bisa didapat pada bulan puasa Ramadhan, kendati di bulan lain tetap ada, tapi sangat jarang disukai langsung oleh masyarakat,” tutur Mustafa, pedagang asal Cot Bada Peusngan.

Dikatakannya, timun ini kalau diolah dan diramu dengan tambahan makanan lainnya, rasanya lebih enak, apa lagi kalau dimakan bersama pulut ketan, rasanya lebih nikmat lagi,” urainya.

Timun suri memang menjadi andalan selain kurma dan buah lainnya. Timun yang dikemas dalam pelepah pisang memang terbilang buah yang dinilai lunak.

“Selain rasanya yang segar juga sangat cocok untuk diminum untuk menu berbuka bersama keluarga,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru