oleh

TNI Adakan Karya Bakti Gabungan Bersama POLRI dan Warga Pasca Terjadi Kerusuhan di Penajam Paser Utara

PENANEGERI, Balikpapan – Situasi dan kondisi wilayah Penajam Paser Utara
(PPU) berangsur-angsur kembali normal, warga sudah kembali beraktifitas dan bekerja seperti semula pasca terjadi kerusuhan yang melanda wilayah tersebut 4 hari yang lalu.

Sisa-sisa kebakaran yang terjadi secara pelan-pelan dan bertahap dibersihkan oleh gabungan anggota TNI dan Polri serta warga setempat.

Kegiatan pembersihan dipimpin langsung oleh Dandim 0913/PPU Letkol Inf Mahmud, Minggu (20/10/2019).

Sedikitnya 138 prajurit TNI jajaran Kodam VI/Mulawarman (Mlw) dikerahkan terdiri dari Kodim 0913/PPU dan Yonzipur 17/AD. Sementara itu Polri menurunkan 45 anggota dan dibantu warga 14 orang.

“Untuk keseluruhan baik anggota TNI, Polri dan warga yang terlibat kegiatan karya bakti pembersihan sisa-sisa puing kebakaran sebanyak 197 orang,” ujar Dandim 0913/PPU.

Menurut Letkol Inf Mahmud, kegiatan pembersihan puing-puing sisa pembakaran dilaksanakan dengan tujuan untuk membersihkan dan merapikan tempat kejadian perkara pasca kebakaran agar kembali rapi dan bersih.

Ditambahkan oleh Dandim, barang-barang yang dibersihkan diantaranya seng, perabot rumah tangga yang ikut terbakar.

Selanjutnya barang-barang tersebut dibawa ketempat pembuangan sampah yang terletak di jalan Provinsi Km.9 kelurahan Nipah-Nipah.

Dari kegiatan karya bakti yang dilaksanakan sudah 16 truk bekas puing-puing sisa kebakaran yang berhasil dikumpulkan dan dikirim ke TPA dengan menggunakan truk Dinas PU,” kata Dandim.

Sementara itu, Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Dino Martino membenarkan kegiatan karya bakti yang dilaksanakan dipimpin langsung oleh Dandim 0913/PPU Letkol Inf Mahmud.

“Karena TNI adalah milik rakyat, tentu TNI akan membantu rakyat yang membutuhkan termasuk warga PPU yang dilanda konflik,” ujar Kapendam Kolonel Kav Dino Martino. (Pen/Red)

Komentar

Berita Terbaru