oleh

Tol Binjai-Langsa Bakal Telan Investasi Rp 9 Triliun

-Aceh-2.376 views

PENANEGERI, Jakarta – PT Hutama Karya (Persero) telah melayangkan dokumen rencana pembangunan ruas Tol Binjai-Langsa yang menjadi bagian dari Jalan Tol Aceh-Medan, ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Jalan tol yang dirancang sepanjang 90 kilometer ini diprediksi bakal menelan investasi senilai Rp 9 triliun.

“Hitungan kasarnya begini, biaya per kilometer kalau di atas tanah atau at grade itu Rp 100 miliar. Dikalikan 90 kilometer yang Rp 9 triliun buat kebutuhan konstruksi,” kata Kepala Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol Hutama Karya Agung Fajarwanto dikutip dari laman Kompas.com, Kamis (5/9).

Meski demikian, penghitungan investasi ini belum final. Sebab, masih ada sejumlah komponen biaya lain yang belum diperhitungkan, seperti perencanaan, pengawasan, overhead hingga interest during construction (IDC).

Fajar menuturkan, saat ini Menteri PUPR Basuki Hadimuljono masih mengkaji usulan dokumen perencanaan yang telah diserahkan HK. Pengkajian tersebut meliputi aspek teknis hingga non teknis.

Aspek teknis meliputi pekerjaan konstruksi yang hendak dilakukan. Misalnya, apakah nantinya seluruh trase akan berada di atas tanah atau ada beberapa yang dibangun melayang (elevated).

Baca Juga  Tiga Desa di Simpang Mamplam Bireuen Dikepung Banjir

Jenis konstruksi yang diadopsi nantinya turut memengaruhi besar kecilnya kebutuhan anggaran.

“Misalnya interchange (IC) bener enggak bangunan sekian. Yang mengkaji itu Bina Marga. Setelah jadi, kita ada pembicaraan, pembahasan bersama,” sebut Agung. (*/kom)

Komentar

Berita Terbaru