oleh

Transaksi Jual Beli Ternak di Pasar Hewan Bireuen Stabil

PENANEGERI, Bireuen – Pasca lebaran Idul Fitri, transaksi jual beli hewan ternak, di pasar hewan Geuleumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen masih stabil, Sabtu (6/6).

Kendati pasokan sedikit meningkat dari beberapa bulan lalu, namun pemasaran hewan baik sapi dan kambing masih normal dan belum ada yang melonjak, termasuk harganya.

“Biasanya dua pekan menjelang lebran Idul Adha, permintaan sapi dan kambing meningkat tajam, tapi untuk hari masih normal, dan harganya juga masih stabil,” ujar Sofyan seorang pedagang sapi kepada Penanegeri.com, Sabtu (6/6).

Menurutnya, saat ini harga sapi jantan tergentung ukuranya, kalaupun kenaikan hanya bekisar Rp1 juta, misalnya harga sebelumnya Rp 12 juta kini naik menjadi Rp 13 juta perekor.

“Namun untuk hari ini permintaan ada peningkatan dibandingkan menjelang lebaran Idul Fitri kemarin, apalagi saat itu dipengaruhi kententuan terjadinya wabah Covid-19, sehingga pedagang banyak yang tidak memasarkan ternaknya,” tambah Sofyan.

Hal seaada juga dikatakan Safruddin, seorang pedagang ternak kambing. Menurutnya saat ini memang permintaan masih stabil, tapi tetap ada yang laku.

“Hari ini ada juga yang laku, harganya juga masih stabil, kalau kambing ukuran sedang itu bisa mencapai Rp 2,8 juta. Tapi kalau menjelang lebaran Idul adha bisa terjual Rp3 juta perekor karena kebutuhan qurban,” ungkapnya.

Diprediksi, permintaan hewan ternak untuk persediaan qurban diperkirakan akan meningkat menjelang satu hingga atau dua pekan menjelang lebaran nanti.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *