oleh

Transit di Aceh, Pesawat Hercules RI Bawa Bantuan untuk Rohingya

PENANEGERI, Aceh- Empat pesawat Hercules TNI Angkatan Udara, Rabu (13/09/2017) siang tiba di Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar. Pesawat ini menginap di Aceh, dan pada Kamis (14/09/2017) pagi pesawat langsung terbang ke Chittagong, Bangladesh.

Pesawat Hercules bawa bantuan untuk Pengungsi Rohingya sedang transit di Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar, Kamis (14/9).

Pesawat dengan misi penerbangan ke Bangladesh ini memuat kebutuhan pokok sandang serta beragam logistik lainnya yang nantinya diserahkan kepada ratusan ribu pengungsi Rohingya di Bangladesh.

Sebelumnya, pada Rabu (13/9) pesawat yang membawa bantuan kemanusiaan ini dilepas oleh Presiden Ir. H Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Di Lanud Sultan Iskandar Muda, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf juga menyempatkan diri untuk menengok dan mengunjungi pesawat-pesawat Hercules yang sedang transit membawa bantuan untuk Para pengungsi Rohingya.

Bantuan dari Indonesia untuk pengungsi Rohingya akan disalurkan melalui pemerintah Bangladesh. Pesawat yang membawa bantuan akan terbang dari Aceh ke Bangladesh dalam dua gelombang.

“Kita sudah lakukan koordinasi semuanya. Tim pendahulu juga sudah dikirim ke sana (Bangladesh),” kata Direktur Tanggap Darurat BNPB Junjungan Tambunan kepada wartawan di Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, Rabu (13/9).

Pesawat Hercules milik TNI AU yang membawa bantuan akan lepas landas dari Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh pada Kamis (14/9). Perjalanan ke Bandara Chittagong diperkirakan butuh waktu sekitar 4 jam.

Sesampai di sana, bantuan dibongkar dari pesawat dan kemudian diserahkan ke Kedutaan Besar Indonesia di Bangladesh.

Kemudian Kedutaan Besar RI di Bangladesh akan langsung menyerahkannya kepada pemerintah Bangladesh.

Distribusi bantuan kepada para pengungsi Rohingya yang sekarang memadati kamp pengungsian di kawasan Cox Bazaar’s, Bangladesh, nantinya akan dilakukan oleh pemerintah Bangladesh.

Bantuan yang diserahkan pemerintah Indonesia ini antara lain shelter untuk penampungan, beras, serta kelengkapan lainnya, termasuk makanan siap saji, family kit, sandang, dan selimut.

Pihak Kedutaan Besar Indonesia di Bangladesh akan mengawasi penyaluran bantuan sehingga penerimanya tepat sasaran yakni para pengungsi Rohingya yang menderita.

Pesawat yang mengangkut bantuan ke Bangladesh berjumlah empat unit.

Empat Pesawat Hercules RI itu terbang dalam dua gelombang, yaitu masing-masing dua pesawat.

Hal ini dilakukan karena bandara tujuan di Bangladesh hanya mampu menampung beberapa pesawat. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *