oleh

Tunggu Putusan MK, KIP Bireuen Belum Tetapkan Anggota DPRK Peraih Suara Terbanyak

PENANEGERI, Bireuen – Sejauh ini, Komisi Independen Pemilihan (KIP) belum juga menetapkan calon anggota DPRK Bireuen yang meraih suara terbanyak, hasil dari masing-masing parpol pada Pemilu 17 April lalu.

Komisioner KIP Bireuen, Eddy Safwan SE kepada wartawan, Jumat (2/8) menjelaskan, hingga hari ini penetapan calon anggota DPRK Bireuen itu masih menunggu hasil keputusan Mahkamah Konstitusi terkait pengajuan gugutan Partai Nasdem dan PBB terhadap hasil Pemilu di Bireuen.

“KIP Bireuen belum bisa menetapkan calon anggota DPRK yang meraih suara terbanyak, karena ada yang menggugat ke MK. Gugatan tersebut hingga sejauh ini masih dalam proses persidangan di Jakarta,” katanya.

Dijelaskannya, berdasarkan informasi terakhir, kasus gugatan tersebut segera diputuskan sekitar tanggal 6 atau 9 Agustus ini

“Bila sudah final putusan dari MK, maka segera ditetapkan para calon anggota DPRK Bireuen terpilih, dan penetapan tersebut dilakukan setelah tiga hari pembacaan putusan di MK,” terangnya.

Dikatakan Eddy Safwan, partai yang mengajukan gugatan terkait hasil pemilu tersebut, Dapil II Peusangan, Peusangan Selatan, Peusangan Siblah Krueng, dan Jangka, yakni dari Partai Nasdem dan PBB.

Baca Juga  BKSDA Ungkap Kasus Kematian Gajah di Langkahan

Disamping itu, adanya gugatan dari Partai Nasdem terhadap hasil pemilu untuk DPRA dan DPRI.

“Gugatan yang sama juga dilayangkan dari Partai Berkarya terhadap hasil Pemilu untuk calon DPR RI Dapil II Aceh, dan hingga kini masih berjalan di MK,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru