oleh

Tuntut Tunda Pelantikan Bupati, Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Peduli Simeulue Berencana Demo di Kantor Gubernur

PENANEGERI, Simeulue – Aliansi mahasiswa dan masyarakat peduli simeulue berencana menggelar aksi demonstrasi mendesak Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf menunda pelantikan Erli Hasim dan Afridawati sebagai Bupati dan Wakil Bupati Simeulue terpilih 2017 -2022, Sabtu (15/7).

M Johan Jallah (60) penanggungjawab aksi saat dikonfirmasi awak media mengatakan tuntutan penundaan pelantikan kepala daerah ini disampaikan atas dasar dugaan penggunaan ijazah palsu oleh Wakil Bupati Simeulue terpilih, Afridawati.

“Aksi unjuk rasa direncanakan akan digelar di tiga titik yakni Jakarta, Banda Aceh dan Simeulue pada hari senin tanggal 17 Juli 2017 dan Kamis 20 Juli 2017 pukul 10.00 WIB dengan konsentrasi masa akan di pusatkan di Kantor Gubernur dan dan Kajati Banda Aceh,” jelasnya.

Selain itu, Johan menambahkan demonstran juga akan mendesak Kajati Aceh untuk menahan Drs Darmili, Mantan Bupati Simeulue yang kini menjabat anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Simeulue tersangka kasus korupsi Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS).

“Darmili sudah lama ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi PDKS, namun hingga saat ini yang bersangkutan belum juga ditahan,” ujar johan.

Sebelumnya, Bupati dan Wakil Bupati Simeulue Riswan NS dan Hasrul Edyar ditelisik keterlibatannya atas kasus penyertaan modal pada PDKS dan adanya dugaan gratifikasi di awal-awal masa jabatan mereka di Simeuleu.

Penyelidikan tersebut merupakan tindak lanjut penerbitan surat perintah penyelidikan dugaan gratifikasi pada 27 Januari 2015 dan dugaan korupsi PDKS pada 7 Desember 2015 silam. Selain itu, proses ini merupaksn tindak lanjut atas laporan lembaga Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh pada bulan Januari lalu.

“Izin dari Poltabes Banda Aceh sudah kita pegang dan masa yang akan ikut demonstrasi sekitar 300 orang”, pungkasnya. [PN 0007].

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *