oleh

Uji Coba Tak Sesuai Harapan, Rossi Pasrah

-MotoGP-35 views

PENANEGERI, Moto GP – Valentino Rossi mengakui pesimis dengan motor Yamaha tentang balapan awal Moto GP musim 2018 karena masalah akselerasi di M1 masih harus mendapat perbaikan.

Pembalap asal Italia mengalami kesulitan di uji coba Thailand dan akan menggunakan motor yang sama bulan depan di Qatar, setelah menghadapi masalah percepatan yang menjadi gangguan selama musim 2017.

Rossi menyalahkan masalah ini pada sistem elektronik, namun mengatakan usaha untuk memperbaiki masalahnya cukup sulit karena perubahan performa yang konstan dari hari ke hari, dan Yamaha tampaknya belum memiliki solusi untuk uji coba di Losail.

“Masalah besarnya adalah bahwa Anda tidak pernah tahu apa yang diharapkan, ini seperti bermain kartu. Dan semua orang menjadi lebih kuat dan seimbang,” ungkap Rossi, dilansir laman MotoGP, yang berada di urutan 10 dan selisih 0,730 detik dari tempat pertama, beberapa waktu lalu.

“Situasi dari tahun lalu telah kembali, bahwa Anda tidak tahu apa yang bisa berubah antara pagi dan sore hari, apalagi dari hari ke hari. Ini situasi yang sangat aneh, yang baru saja saya alami tahun lalu dalam karir saya. Meskipun kami sudah memiliki ban Michelin yang punya kinerja lebih konsisten,” tambah The Doctor.

“Sejak tahun lalu, semuanya bisa berubah dalam sekejap. Itu adalah ujian sulit bagi Yamaha, saya lebih bahagia di Malaysia daripada di sini, kami berharap segalanya akan membaik di Qatar,” terangnya.

“Kami juga sadar harus fokus untuk mengerjakan sistem elektronik, tapi saya tidak berpikir akan ada sesuatu yang baru untuk uji coba berikutnya di Qatar. Ini adalah sesuatu yang bisa memakan waktu beberapa bulan (untuk memperbaikinya). Sampai saat itu, kami hanya bisa mengandalkan nasib,” ujar Rossi.

Setelah dua uji coba, Rossi hanya percaya pada Honda yang telah membangun sebuah motor secara konsisten dan juga kompetitif di sirkuit yang berbeda.

“Saya pikir, dari yang saya pahami, satu-satunya pabrikan yang kompetitif di setiap uji coba adalah Honda. Terutama dengan Marc (Marquez), tapi Dani (Pedrosa] dan (Cala0 Crutchlow juga punya potensi,” lanjut pembalap veteran tersebut.

“Ducati juga melesat di Sepang, (Jorge) Lorenzo yang pertama di Sepang dan dia sedang berjuang. Jadi kami harus menunggu sampai di Qatar untuk melihat apa yang terjadi,” tandasnya.

Komentar

Berita Terbaru