oleh

Ungkap Penggelapan Mobil, Polres Aceh Tamiang Ringkus Dua Tersangka 

-Aceh-280 views

PENANEGERI, Aceh Tamiang – Polres Aceh Tamiang berhasil mengungkap penggelapan mobil dan meringkus dua tersangka yakni MA (43) pelaku penggelapan, warga Kampung Bukit Tempurung, Kecamatan Kuala Simpang, Aceh Tamiang dan MI (32) pelaku pertolongan jahat/tadah, warga Dusun Aloe Ciko Kampung Seunebok Rawang, Kecamatan Peurelak Timur, Aceh Timur.

“Dari kedua tersangka, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 25 unit mobil,” sebut Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Zulhir Destrian, SIK, melalui Kasat Reskrim, Iptu Dimas Adhit Putranto, SIK, kepada Penanegeri.com, Kamis (3/1).

Ia menjelaskan, kronologis kejadian penggelapan itu terjadi, pada Kamis (20/12) sekitar pukul 10.00 WIB, tersangka datang ke rumah korban, Ismawati (40) warga Kampung Bukit Tempurung, Kecamatan Kuala Simpang, Aceh Tamiang, untuk merental mobil Toyota Avanza dan kemudian terjadi kesepakatan antara tersangka dan korban.

Dimana, dalam kesepakatan itu, tersangka akan merental mobil milik korban selama 7 hari, sejak 20 Desember 2018. Namun, setelah tiba waktu yang disepakati, tersangka tidak juga mengembalikan mobil milik korban yang direntalnya. Sementara, korban mengetahui bahwa mobil miliknya telah digadaikan kepada orang lain tanpa sepengetahuannya, atas kejadian tersebut korban merasa dirugikan dan melaporkan kejadian tersebut ke Polres Aceh Tamiang.

Baca Juga  Pekerja Warkop Pelangi Aceh Tamiang Meregang Nyawa di Kamar Mandi

Lalu, berdasarkan laporan korban, pada Senin (31/12) polisi melakukan penyelidikan dan penyidikan terkait dugaan pidana penggelapan mobil tersebut. Kemudian, pada hari itu juga sekitar pukul 15.00 WIB, anggota Sat Reskrim Polres Aceh Tamiang berhasil mengamankan MA di rumahnya dan kemudian tersangka dibawa ke Polres guna proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

Setibanya di Polres Aceh Tamiang, tersangka langsung diambil keterangan dan tersangka mengakui telah melakukan penggelapan mobil milik korban dengan modus berpura-pura merental. Padahal, tersangka memang sudah merencanakan untuk menggadaikan mobil milik korban tersebut kepada orang lain.

Lanjut Kasat Reskrim, tersangka juga mengakui bahwa mobil itu digadaikannya kepada tersangka MI sebesar Rp 30 juta.

“Kepada petugas, tersangka MA juga mengakui bahwa selain mobil milik korban Ismawati, tersangka juga ada melakukan penggelapan mobil sebanyak 10 unit lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan Kasat, pada hari itu juga, sekitar pukul 17.00 WIB, anggota Sat Reskrim Polres Aceh Tamiang langsung menuju ke Aceh Timur guna mencari mobil milik korban serta mobil milik masyarakat lainnya yang digadaikan tersangka MA.

Baca Juga  Polres Aceh Tamiang Amankan 18 Paket Sabu Siap Edar

“Akhirnya petugas berhasil menemukan mobil milik korban dengan keadaan pintu terkunci di pinggir Jalan Gampong Alur Nirih, Kecamatan Peurelak Timur, Aceh Timur. Sedangkan, tersangka melarikan diri, selanjutnya mobil tersebut dibawa ke Polres Aceh Tamiang,” terangnya.

Selain mobil milik Isnawati, lanjut Kasat, Sat Reskrim Polres Aceh Tamiang dengan dibantu masyarakat yang mobilnya digadai oleh tersangka, berhasil mengamankan 24 unit mobil yang digadai tersangka tanpa sepengetahuan pemiliknya. Sehingga total mobil yang diamankan sebanyak 25 unit.

“Atas perbuatannya tersangka dikenakan Pasal 372 KUHPidana, dengan ancaman hukuma maksimal 4 tahun penjara,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru