oleh

Untuk Dapat E-KTP dan KIA, Warga Antri di Kantor Camat Peusangan Bireuen

PENANEGERI, Bireuen – Warga Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen mengantri saat melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta Kartu Identitas Anak (KIA) di Gedung Serba Guna kecamatan setempat, Jumat (18/10) sore.

Membludaknya warga ingin meperoleh KTP serta KIA terjadi sejak Kamis (17/10) kemarin, warga setempat banyak yang telah berakhir masa berlaku KTP, kecuali pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA).

Camat Peusangan, Erry Seprinaldi, S.STP, S.Sos, M.Si, Jumat (18/10) sore kepada Penanegeri.com mengatakan, perekaman E-KTP dan KIA ini merupakan program Pelumas (Pelayanan Untuk Masyarakat), kerjasama Disdukcapil Aceh dan Disdukcapil Bireuen.

”Kalau  E-KTP bagi warga sudah dicetak pada hari pertama kemarin sebanyak 200 lembar dan untuk KIA 330 lembar. Sedangkan hari ini kembali dilakukan sebanyak 110 lembar  dan untuk KIA sebanyak 231 lembar,” katanya.

Dijelaskan Erry Seprinaldi, untuk E-KTP dan KIA yang telah rampung perekaman dan dicetak, maka langsung diserahkan kepada yang bersangkutan. Sebelum perekaman, maka warga harus tetap melengkapi persyaratan.

Diperkirakan, tambah Erry Seprinaldi permohonan untuk E-KTP dan KIA mencapai ribuan, sebab waktunya terbatas. Sedangkan KIA yang telah selesai dicetak Pemerintah Kecamatan akan diserahkan kepada yang bersangkutan melalui Geuchik Gampong masing-masing.

Baca Juga  Tujuh Remaja Diduga Pelaku Jambret di Bireuen Masih Diperiksa

“Sejatinya, kedepan Pemkab Bireuen harus segera membentuk UPTD Disdukcapil di setiap kecamatan, sehingga pelayanan bisa lebih maksimal serta tidak menyita waktu warga pedalaman kecamatan saat pengurusan KTP dan KIA ke Disdukcapil kabupten,” harapnya.

Diterangkannya, saat ini warga masyarakat Kecamatan Peusangan berjumlah 54.555 jiwa, laki-laki 26,780 jiwa, perempuan 27.775 jiwa dari 69 gampong, di sembilan kemukiman di wilayah itu.

“Kami juga berharap kepada seluruh Pemerintah Gampong agar memberdayakan Petugas Registrasi Gampong (PRG) yang telah ditunjuk di gampong-gampong, dengan didanai APBG, sehingga memudahkan warga,” harap Erry Seprinaldi.

Sementara pantauan Penanegeri.com, hingga sore hari kemarin, warga masih mengantri seraya mendong anaknya untuk mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA).

Komentar

Berita Terbaru