oleh

UPIP Rumah Sakit Umum Bireuen Sudah Layani  3040 Penderita Gangguan Jiwa 

PENANEGERI, Bireuen – Unit Pelayanan Kesehatan Jiwa dan Psikologi (UPIP) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Fauziah Bireuen telah melayani 3040 orang penderita gangguan kejiwaan.

Direktur Rumah Sakit Daearh (RSUD) dr Fauziah Bireuen, dr Mukhtar Mars kepada wartawan, Selasa (12/3) mengaku, hingga sejauh ini UPIP Bireuen belum berstatus sebagai Rumah Sakit Jiwa (RSJ), tapi sejak beroperasi Agustus 2013 hingga 2018 telah berhasil menyembuhkan 3040 penderita gangguan kejiwaan.

“Sejak beroperasi hingga tahu 2018,  UPIP Bireuen telah menampung dan memberikan pelayanan kesehatan jiwa dan Para untuk warga yang mengalami gangguan jiwa, baik warga di Bireuen serta warga di luar Kabupaten Bireuen. Rata-rata setiap bulannya ada sekitar 40 orang,” katanya.

Sejauh ini, kata Muhktar, fasilitas gedung UPIP yang berada di Jalan Kolonel Mohd Ali Basyah itu memanfaatkan gedung bekas Kantor Peternakan Bireuen dengan dukungan 8 unit kamar 19 tempat tidur pasien, 2 kompleks pasien pria dan dua pasien wanita, dengan letak terpisah.

Untuk pelayanan sendiri, sambung Muhktar, saat ini di UPIP ini telah tersedia dua dokter jiwa, 3 orang perawat kesehatan jiwa dan 13 orang perawat umum serta petugas apoteker.

Baca Juga  Di Bireuen Ikan Teri Kering Lokal Laku Keras Selama Puasa

“Untuk bulan Maret 2019 ini, UPIP RSUD dr Fauziah Bireuen pasien gangguan jiwa yang masih menjalani rawat inap sebanyak 11 orang, 9 laki-laki dan 2 perempuan dari tiga kabupaten,” terangnya.

Meski belum ada wacana ditingkatan status menjadi rumah sakit jiwa (RSJ), tapi pihaknya tetap memberikan pelayanan kesehatan jiwa dan psikologi bagi penderita sakit kejiwaan di Bireuen maupun dari luar Kabupaten Bireuen.

Sementara itu, beberapa keluarga penderita gangguan jiwa yang ditemui di Kompleks UPIP Bireuen, Selasa (12/3) mengatakan, kehadiran UPIP RSUD dr Fauziah Bireuen ini sangat terbantu keluarganya.

“Kami warga kurang mampu sudah sangat terbantu dan dapat membawa dan mengunjungi keluarga yang dirawat disini. Jika ke Banda Aceh sangat jauh, dan mengeluarkan biaya yang cukup besar,” sebutnya seraya meminta tak ditulis namanya.

Ia juga berharap, UPIP rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Fauziah Bireuen bisa ditingkatkan statusnya menjadi RSJ, apa lagi letaknya strategis.

“Selain strategis, warga juga mudah menjangkau, termasuk bagi masyarakat di beberapa kabupaten lain yang berdekatan dengan Bireuen,” harapnya.

Komentar

Berita Terbaru