oleh

Wabup Aceh Utara : Jadi Guru Harus Berkompeten

-Aceh-8 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf mengatakan, menjadi guru harus berkompeten dan mengikuti perkembangan zaman. Hal tersebut disampaikan Fauzi Yusuf saat menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di lapangan upacara Lhoksukon, Senin (26/11).

“Revolusi industri keempat yang sudah merambah ke semua sektor harus disikapi dengan arif, karena telah mengubah peradaban manusia secara fundamental. Untuk itu diperlukan guru yang profesional, guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang super cepat,” tutur Fauzi Yusuf membacakan amanat Mendikbud RI, Muhadjir Effendy.

Ia mengatakan, guru profesional memiliki tiga ciri-ciri. Di antaranya, sambung Fauzi, guru profesional adalah guru yang telah memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik dan seorang guru yang profesional hendaknya mampu membangun kesejawatan guna mengembangkan diri dan meningkatkan kecakapan untuk mengikuti laju perubahan zaman.

“Kemudian, guru yang profesional hendaknya mampu merawat jiwa sosialnya. Guru Indonesia adalah para pejuang pendidikan yang sesungguhnya, yang menjalankan peran, tugas, dan tanggung jawab mulia sebagai panggilan jiwa,” tutur wakil bupati yang akrab disapa Sidom Peng itu.

Upacara HGN yang mengusung tema ‘Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI’ tersebut turut dihadiri para guru dari kabupaten setempat, Forkopimda, para asisten, kepala SKPK dan para camat. Dalam serangkaian kegiatan ini, mereka juga menggelar bakti sosial donor darah dan beberapa lomba lainnya. 

Komentar

Berita Terbaru