oleh

Wakil Walikota Langsa Buka BBPMG se Aceh

-Aceh-120 views

PENANEGERI, Langsa – Wakil Walilkota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, membuka ‎Bulan Bhakti Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (BBPMG) ke 1 se-Aceh dan Langsa Fair ke II, Rabu (4/7), di Stadion Langsa.

Kepala PMG Aceh, Drs Bukhari, menyampaikan, penyelenggaraan BBPMG Ke- 1 Se- Aceh 2018 dimulai dengan mengintegrasi semua kegiatan yang menjadi tugas dan fungsi DPMG Aceh, dalam rangka efisiensi dan efektivitas kegiatan yang setiap tahun dilaksanakan.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut terdiri dari Gelar Teknologi Tepat Guna, Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna, BBGRM, HKG-PKK, Lomba gampong, pameran produk unggulan gampong, dan penilaian pendamping gampong berprestasi, serta rapat koordinasi DPMG se- Aceh.

Menurut Bukhari, maksud pelaksanaan BBPMG Ke- 1 se- Aceh adalah sebagai langkah strategis dalam penyebarluasan informasi berbagai teknologi inovasi yang dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat, serta sebagai forum untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri serta bermartabat, dalam upaya pemberdayaan masyarakat dimasa mendatang.

Kegiatan ini, katanya, adalah untuk memperkenalkan berbagai jenis teknologi dan produk unggulan gampong secara visual kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi untuk peningkatan kualitas dan kwantitas produk di berbagar sektor usaha, serta meningkatkan jaringan pemasaran yang lebih luas.

Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh yang telah mempercayakan Kota Langsa sebagai tuan rumah penyelenggaraan BBPMG yang dilaksanakan untuk pertama kali ini.

Penunjukkan ini merupakan suatu kehormatan sekaligus pengakuan terhadap upaya yang telah dilakukan Pemko Langsa, stake holder, dan masyarakat dalam membangun Kota Langsa sehjngga lebih maju, tertata, bersih, indah, aman dan nyaman seperti saat ini.

Lanjutnya, Kota Langsa mempunyai beberapa obyek wisata andalan yaitu seperti Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Hutan Kota Langsa di Gampong Paya Bujok Seuleumak, dan Ekowisat Hutan Lindung Mangrove di gampong Kuala Langsa.

“Silahkan untuk para tamu yang berasal dari Kabupaten/Kota lain menikmati beragam obyek wisata yang ada di Kota Langsa yang tercinta ini,” ujarnya.

Marzuki Hamid menambahkan, BBPMG ke-l se-Aceh ini menjadi ajang untuk menyampaikan informasi, pengalaman, pengetahuan, ketrampilan, atau inovasi-inovasi yang tumbuh dan berkembang dimasyarakat Aceh, baik itu aspek teknologi tepat guna, pengembangan ekonomi berskala gampong maupun kawasan Serta penguatan lembaga keluarga melalui Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan perlindungan kelompok rentan (anak-anak, perempuan,lansia,masyarakat berkebutuhan khusus/difabel).

Dirinya mengharapkan, melalui kegiatan ini dapat memperkuat silaturahmi dan komitmen bersama untuk mewujudkan Aceh bertukar yang hebat. Kemudian dengan adanya Dana Gampong (DG) dan Alokasi Dana Gampong (ADG) sebagai sumber pendanaan pembangunan gampong.

Sehingga, diharapkan pembangunan dapat lebih merata dan berkeadilan karena ada perhitungan dengan formulasi, khusus dalam proses distribusi sumber daya finansial ADG. Masyarakat diharapkan lebih proaktif, kreatif, inovatif, dan partisipatif dalam proses pengelolaan AnggaraPendapatan dan Belanja Gampong (APBG).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar