oleh

Wakil Walikota Langsa Buka Sosialisasi Registrasi Kependudukan Gampong

-Aceh-30 views

PENANEGERI, Langsa – Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hammid, MM, membuka sosialisasi petugas registrasi kependudukan gampong, Selasa (18/6), di Aula Vitra Tirta Raya.

Marzuki Hamid, menyampaikan, para petugas registrasi kependudukan di Kota Langsa merupakan ujung tombak dalam mendata kependudukan. Hasil kerja petugas dimaksud akan menjadi dasar bagi pemerintah dalam membuat berbagai kebijakan yang tujuan akhirnya untuk kesejahteraan masyarakat Kota Langsa.

Dikatakan, Indonesia adalah salah satu sedang melaksanakan sistem negara perbaikan yang pencatatan sipil dan administrasi kependudukan, langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memperbaiki sebuah sistem pencatatan sipil dan administrasi kependudukan.

Selain itu, Indonesia sedang membangun kesamaan pengertian tentang catatan sipil dan administrasi kependudukan secara komprehensif sebagai landasan bertindak.

Upaya yang dilakukan ini sangat penting karena pencatatan sipil mempunyai tiga fungsi utama yaitu hukum, statistik dan kelembagaan pelayanan publik.

“Apa yang kita laksanakan ini merupakan bagian dari tindakan pembenahan sistem tersebut, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 19/2018 tentang peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan,” ujarnya.

Baca Juga  Bupati Bireuen : Mobil Dinas Bawa Keluarga Hari Libur itu "Haram" Bila Tanpa Izin

Karenanya, kehadiran para petugas registrasi ini sebagai bagian peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan Tujuannya, untuk pemenuhan kepemilikan identitas penduduk bagi setiap penduduk melalui penerbitan dokumen kependudukan secara cepat dan tepat.

Sehingga, semua dokumen arsip kependudukan telah dimiliki nantinya masyarakat akan mendapatkan akses layanan publik yang lebih mudah seperti membuka rekening bank, berobat di puskesmas atau rumah sakit, mengurus pasport, serta mendapatkan layanan publik lainnya.

Pemko Langsa akan terus berusaha untuk meningkatan samua jenis dan jenjang pelayanan kepada masyarakat. Kemudian, nantinya seluruh organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Langsa segera memberlakukan sistem pengaduan masyarakat baik secara manual maupun daring (Call Center) guna memastikan semua masyarakat dilayani dengan baik.

Diharapkan, dengan kehadiran petugas registrasi nantinya akan mewujudkan upaya kita menciptakan pelayanan satu atap dalam pelayanan dokumen kependudukan di gampong, sehingga masyarakat tidak perlu ada kendala lagi harus kesana kemari untuk mengurus identitas seperti kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), kartu keluarga (KK), kartu identitas anak, akta kelahiran dan kematian cukup pengurusannya di kantor keuchik saja.

Komentar

Berita Terbaru