oleh

Wakil Walikota Tanam Pohon Bakau di Hutan Lindung

-Aceh-52 views

PENANEGERI, Langsa – Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid, MM bersama masyarakat melakukan aksi penanaman 10 ribu pohon bakau, Minggu (16/12) di kawasan hutan lindung, Gampong Simpang Lhee, Kecamatan Langsa Barat.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Camat Langsa Barat, anggota Koramil Langsa Barat, pramuka serta masyarakat setempat.

Wakil Walikota Langsa menuturkan, penanaman pohon bakau ini untuk melestarikan kembali kawasan yang sudah tandus, menurutnya jika bakau dibiarkan punah akibat pemotongan secara ilegal akan berdampak pada kerusakan alam atau abrasi.

“Jika tidak kita selamatkan dengan cara menanam kembali pohon-pohon bakau dipingiran sungai yang telah ditebang, maka abrasi semakin meluas sampai ke pemukiman warga,” ujar Marzuki Hamid.

Lanjutnya, Pemerintah Kota Langsa sangat mendukung bila masyarakat melestarikan kembali kawasan tersebut supaya terhindar dari segala bentuk bencana alam.

“Saya berharap ada kesadaran masyarakat disitu karena peran kita (masyarakat) sangat dibutuhkan demi masa depan anak cuci kita,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tuha Peut Gampong Simpang Lhee Kecamtan Langsa Barat, Musa Yusuf M.Ag selaku panitia pelaksana mengatakan, penanaman pohon bakau di bibir sungai maupun pantai sangatlah penting demi keselamatan alam.

Baca Juga  Gampong Pondok Kemuning Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba

Menurutnya, masyarakat pun sudah menyadarinya. Hal tersebut bisa dilihat dari semangat warga menanam kembali bakau di lahan kosong maupun dibibir sungai.

“Ada lima hektar lahan kosong sudah ditanam bakau dan dijadikan hutan lindung bagi masyarakat setempat,” tutur Musa Yusuf.

“Masyarakat gampong Simpang Lhee telah mewacanakan setiap daerah yang rawan bencana akan dicari solusi seperti terjadi banjir maupun abrasi dengan melakukan penghijauan,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru