oleh

Warga Aceh Utara Minta Kemensos RI Update Data Penerima PKH Tiap Tahun

-Aceh-665 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Kementerian sosial (Kemensos) RI diminta segera mengevaluasi data penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang selama ini kerap dikritik masyarakat, karena bantuan itu tidak semuanya tersalurkan kepada masyarakat miskin atau tidak tepat sasaran.

Tokoh masyarakat Kecamatan Seunuddon, Khaipuri, kepada Penanegeri.com, Senin (8/7) menjelaskan, permasalahan tidak tepat sasaran penyaluran bantuan PKH juga terjadi di daerahnya.

“Hari ini kita lihat dengan jelas bahwa penerima bantuan PKH ini bukan orang miskin. Di samping rumah saya, orang kaya juga menerima bantuan PKH. Sedangkan yang miskin tidak dapat. Ini kan jelas-jelas kita lihat,” ujarnya.

Untuk itu, dia meminta Kemensos RI untuk segera melakukan evaluasi terhadap data penerima bantuan tersebut. Kemensos harusnya meng-update tiap tahun data penerima bantuan PKH agar bagi penerima yang tidak layak dapat memindahtangankan bantuan itu ke orang lain.

“Kemarin saya baca berita, katanya data penerima bantuan PKH di-update pada tahun 2011. Sekarang sudah 2019, penerima lama ada yang sudah kaya, tapi masih menerima. Bahkan sebaliknya, yang dulunya kaya, tapi sekarang sudah miskin. Tiap tahun berubah-ubah itu,” timpal Khaipuri.

Baca Juga  YARA Siap Fasilitasi Napi yang Kabur untuk Kembali ke Rutan Lhoksukon

Diberitakan sebelumnya, Koordinator Tenaga PKH siap mencoret nama penerima bantuan PKH dari daftar jika terbukti bukan warga kurang mampu. Hal itu dilakukan apabila ada laporan dari masyarakat secara resmi ke instansi PKH kecamatan.

Komentar

Berita Terbaru