oleh

Warga Aceh Utara Mulai Produksi Garam dengan Cara Integrasi

-Aceh-204 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Petani di Kecamatan Lapang, Kabupaten Aceh Utara saat ini tengah memproduksi garam dengan cara integrasi. Program ini merupakan upaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam mengatasi impor garam.

“Itu program kementerian KKP yang disebut dengan Pugar (Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat). Di Kecamatan Lapang, sudah banyak yang menerapkan program ini. Garam diproduksi dengan menggunakan plastik,” kata Kabid Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Utara, Ramli kepada Penanegeri.com, Sabtu (9/3).

Ramli mengatakan, dengan metode tersebut, kualitas garam pun lebih tinggi. Produksi dengan metode ini, petani tidak lagi menggunakan cara memasak garam seperti yang dilakukan sebelumnya.

“Jadi, air laut diambil dan ditampung pada sebuah waduk. Lalu diproduksi dengan menggunakan plastik. Di Kecamatan Lapang, sudah banyak petani menggunakan cara ini melalui sebuah koperasi,” jelasnya.

Dia mengatakan, selain di Kecamatan Lapang, untuk tahun ini pihaknya juga tengah menggenjot program integrasi garam ini di Krueng Geukeuh, Kecamatan Dewantara. Untuk tahun depan juga direncanakan dilakukan di Kecamatan Seunuddon. Dengan berjalannya program ini diharapkan dapat mengatasi masalah impor garam dari luar negeri.

Komentar

Berita Terbaru