oleh

Warga Aceh Utara Penasaran, Kantor Bupati dan DPRK yang Baru Belum Juga Difungsikan

-Aceh-134 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Kantor Bupati dan DPRK Aceh Utara yang baru, dibangun di kawasan Landeng, Kecamatan Lhoksukon. Pembangunan kedua gedung ini menelan anggaran hingga ratusan miliar. Namun, hingga memasuki Febuari 2019, kantor itu belum juga difungsikan.

Informasi diperoleh Penanegeri.com menyebutkan, pembangunan kantor bupati tersebut dimulai sejak November 2013 hingga Febuari 2016. Sedangkan kantor DPRK dimulai pada tahun yang sama, namun berakhir pada tahun 2015. Realisasi anggaran yang dibutuhkan untuk kedua gedung tersebut mencapai seratus milliar.

“Kami selaku masyarakat, semestinya mendapat informasi tentang  bagaimana dan berapa anggaran yang diplot selama ini untuk kantor bupati dan DPRK. Karena, pembangunan gedung itu menggunakan uang rakyat. Yang kedua, patut dipertanyakan mengapa sampai sekarang masih belum difungsikan. Padahal secara kasat mata, kantor bupati sudah siap dibangun,” tutur Muhammad Nazar, salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Lhoksukon kepada Penanegeri.com, Minggu (17/2).

Dari amatannya, meski belum difungsikan, kondisi kantor Bupati itu tampak seperti gedung tua. Kondisi itu terlihat dari dinding, atap dan jendela.

Baca Juga  Abu Tumin Peusijuk 293 Calon Jamaah Haji Bireuen

“Informasi yang kami dengar, ada penambahan dana untuk perampungan tahap finishing. Dari dulu kabarnya kantor bupati difungsikan tahun 2017, tahun 2018, dan sekarang sudah tahun 2019 malah, belum juga ada tanda-tanda akan difungsikan,” timpalnya.

Pada peresmian Pendopo Bupati Aceh Utara di Kota Lhoksukon, Jumat (15/2) malam kemarin, Bupati Muhammad Thaib alias Cek Mad mengklarifikasi bahwa kantor bupati yang baru itu akan difungsikan dalam tahun 2019 ini.

“Target saya, tahun ini (2019) harus aktif. Saya belum memastikan bulan berapa, yang jelas rencananya tahun ini mulai dioperasikan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Muhammad Thaib kepada sejumlah wartawan.

Untuk Pendopo Aceh Utara di Lhoksukon, setelah diresmikan oleh Muhammad Thaib langsung ditempati oleh Wakil Bupati Fauzi Yusuf alias Sidom Peng. Peresmian itu diadakan sekaligus berzikir bersama yang dipimpin Imum Syik Masjid Baiturrahim Lhoksukon, Tengku Jamaluddin Ismail.

Sebagaimana diketahui, selain kantor bupati, masih banyak juga instansi pemerintahan Kabupaten Aceh Utara yang saat ini masih berada di Kota Lhokseumawe. Proses pemindahannya, kemungkinan akan dilakukan secara bertahap.

Komentar

Berita Terbaru