oleh

Warga Aceh Utara Sulit Peroleh BBM Premium di SPBU

-Aceh-127 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Warga di Kabupaten Aceh Utara sejak setahun terakhir sulit mendapatkan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium di sejumlah SPBU. Padahal, antusias masyarakat untuk menggunakan premium masih tinggi.

“Kurang lebih sudah hampir setahun kami tidak mendapatkan premium di beberapa SPBU, baik di Aceh Utara atau di Kota Lhokseumawe. Sejauh ini kami menggunakan Pertamax biar pun harganya lebih mahal ketimbang premium. Kalau pertalite kami tidak mau pakai,” kata Amrizal (40) warga Kota Lhoksukon, Aceh Utara kepada Penanegeri.com, Jumat (12/7).

Warga lainnya, Saryulis (30), mengatakan semenjak premium langka di SPBU, dirinya terpaksa menggunakan Pertamax untuk menjaga awet mesin motornya. Sementara pertalite, menurutnya kurang bagus untuk jenis motor baru.

“Tapi ada SPBU sesekali menjual bensin Premium tengah malam. Saya tidak bilang SPBU mana, yang saya lihat dijual secara tertutup dan ada juga yang beli pakai jeriken. Itupun tidak lama, hanya sekitar satu jam sudah habis,” beber Amrizal.

Sementara itu, Ketua LSM Gerakan Rakyat Aceh Membangun (GRAM) M Azhar meminta kepada aparat penegak hukum untuk memantau SPBU yang menjual premium secara tertutup, karena itu adalah barang subsidi yang harus dijual secara terbuka kepada masyarakat.

Baca Juga  Angin Kencang, Nelayan Aceh Utara Enggan Melaut

“Ke depan kalau kedapatan SPBU mana yang seperti itu bisa didokumentasikan termasuk nomor SPBU, biar kita laporkan ke Pertamina agar ditindak. Karena Premium itu subsidi harus terbuka, sama seperti gas elpiji sudah disubsidikan oleh pemerintah kita,” ujarnya.

Komentar

Berita Terbaru