oleh

Warga Kampung Epem diajari Cara Bercocok Tanam

PENANEGERI, Merauke – Tak hanya menjalankan kegiatan fisik berupa pembangunan 20 unit rumah untuk warga Kampung Epem, Distrik Citak Mitak, Kabupaten Mappi, Papua, personel Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-107 Kodim 1707/Merauke, juga melakukan berbagai kegiatan non fisik, diantaranya mengajarkan warga setempat bercocok tanam, Minggu (5/4/2020).

Dalam kegiatan tersebut, personel Satgas TMMD Kodim 1707/Merauke yang dipimpin oleh Serda Juwari memberikan contoh dan mengajari tata cara bercocok tanam kepada warga Kampung Epem, yang akan ditanami berbagai macam jenis sayur-sayuran seperti kacang panjang dan tomat.

Mayoritas masyarakat Kampung Epem mata pencahariannya adalah mencari kayu gaharu kemudian dijual. Dari hasil penjualan tersebut, dibelikan berbagai makanan bahan pokok untuk keperluan hidup sehari-hari.

Menurut Serda Juwari, disamping masih banyaknya lahan pekarangan yang kosong, pengetahunan tentang tata cara bercocok tanam warga Kampung Epem masih kurang. Pada kesempatan ini, personel satgas mengajari warga cara bercocok tanam sayuran yang benar.

“Dengan memiliki pengetahuan yang cukup diharapkan mereka kedepannya dapat bercocok tanam sendiri dengan baik dan benar,” katanya.

Satgas TMMD ke-107 Kodim 1707/Merauke berharap warga setempat dapat mempraktekkan sendiri apa yang sudah diajarkan, dimana masih terdapat banyak lahan kosong.  Selain dapat memenuhi kebutuhan keluarga, juga dapat menambah penghasilan, yaitu dengan menjual hasilnya dipasar.

Bapak Zakarias salah satu warga Kampung Epem yang ikut tata cara bercocok tanam merasa senang dan bangga dengan hadirnya Satgas TMMD ke-107, karena dalam kesehariannya selain membangun para personel satgas juga dekat dengan masyarakat dan mengajari hal-hal positif seperti yang dilakukannya saat ini yaitu mengajari warga bercocok tanam. (Pen/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *