oleh

Warga Keluhkan Polusi Udara PT Ensem Sawita

-Aceh-175 views

PENANEGERI, Aceh Timur – Warga Gampong Aramiah, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur, mengeluhkan asap yang mengandung abu bekas pembakaran tandanan kosong yang diduga pabrik kelapa sawit PT Ensem Sawita.

Dimana, abu pekat itu terbawa angin dan menyebar ke rumah-rumah sejak enam bulan terakhir.

“Saya sangat khawatir dan kecewa dengan polusi ini, karena sangat menganggu kesehatan khususnya bagi anak-anak,” sebut salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya, kepada Penanegeri.com, Selasa (23/7).

Dirinya menuturkan, asap yang mengandung abu itu mulai terjadi pada saat sore menjelang malam hari. Selain berbahaya bagi kesehatan, abu itu juga mengotori rumah.” Secara kasat mata memang asap mengandung abu itu tidak begitu terlihat, tapi jika kita bersihkan menggunakan kain pada lantai rumah maka baru terlihat ada kotoran debu,” ucapnya.

Kondisi ini terlihat parah pada masyarakat yang tinggal di Dusun Bukit Guru yang berjumlah sekitar lebih kurang 100 kepala keluarga, hal ini karena dusun tersebut berbatasan langsung dengan pabrik itu.

Baca Juga  GeRAK Aceh : Kasus Pasar Moderen Abdya Jadi Bahan Supervisi KPK

Lanjutnya, atas kondisi ini dirinya berharap kepada manajemen PT Ensem Sawita untuk mengambil langkah konkret, sehingga asap yang mengandung abu tidak menyebar ke rumah-rumah warga.

“Seperti memperpanjang cerobong asap, sehingga asap yang mengandung abu tidak ke rumah warga,” tutupnya.

Komentar

Berita Terbaru