oleh

Warga Langkahan Protes Bantuan PKH

-Aceh-81 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Warga Gampong Rumoh Rayeuk, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara memprotes bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Mereka menilai bantuan itu tidak tepat sasaran karena banyak warga miskin belum menerima bantuan tersebut.

Aksi protes ini berlangsung pada Minggu (21/7) lalu, di Meunasah desa setempat. Dalam aksi yang mayoritas dihadiri kaum ibu-ibu ini, turut dihadiri para pihak pendamping PKH kecamatan.

“Kami mempertanyakan, dari mana data PKH diambil. Sementara geuchik mengatakan penyalurkan PKH tidak pernah dilibatkan dan juga pihak pendampingan PKH tidak melakukan koordinasi dengan geuchik,” kata Iwan, warga Gampong Rumoh Rayeuk.

Sementara Pj Sekdes Rumoh Rayeuk, Boihaqi di sela-sela aksi itu mengungkapkan bahwa data penerima PKH dan Rastra merupakan hasil sensus pendampingan PKH yang tidak melibatkan pemerintah desa.

“Oleh karena itu, kami juga ingin mempertanyakan di hadapan rapat umum ini dari mana asalnya data PKH didapatkan oleh pihak PKH?,” tanya Boihaqi.

Hasil musyawarah itu akhirnya menyepakati puluhan keluarga yang dianggap mapan secara ekonomi bakal dicoret dari daftar penerima manfaat PKH oleh pihak PKH.

Baca Juga  Bawa Sabu, Polsek Langsa Timur Ringkus Petani Tambak

Sebelumnya, Koordinator PKH Aceh Utara, Amru Alba Abqa menerangkan bahwa pendataan PKH terakhir dilakukan pada tahun 2015 lalu, dan divalidasi oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Validasi ini juga dilakukan pada Oktober 2018 dengan cara TKSK memberikan form ke perangkat untuk diisi nama-nama fakir miskin.

Komentar

Berita Terbaru