oleh

Warga Pedalaman Aceh Utara Khawatir Harimau Sumatera Mangsa Hewan Ternak

-Aceh-106 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Warga Desa Seureuke, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara mulai resah dengan adanya harimau Sumatera yang memangsa hewan ternak mereka.

Dalam dua hari terkahir, sekitar lima ekor sapi dan tiga kambing milik warga dimangsa satwa dilindungi tersebut.

Kepala Desa Seureuke Azis Rusmiyono melalui telepon selulernya, Jumat (29/11) mengatakan, warga saat ini tengah benar-benar khawatir dengan kejadian itu. Di kawasan Dusun Mihra Istimewa Paket 20, harimau memangsa hewan ternak pada malam hari.

“Tiga ekor sapi dan tiga ekor kambing milik warga Mahmud (60) telah dimangsa dan satu ekor sapi milik Paimin (35) serta sapi milik Sukidi (65). Lokasi tempat pemeliharaan ternak milik Mahmud berada agak di hutan,” ujar Azis kepada wartawan saat dikonfirmasi.

Ia juga menyampaikan keluhan warga dan mereka sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah untuk menanggulangi kasus tersebut.

Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah I Lhokseumawe Kamarudzaman mengatakan, bahwa pihaknya telah mengetahui ada Harimau Sumatera memangsa hewan peliharaan warga di Desa Seureuke.

Baca Juga  Waria yang Terciduk di Banda Aceh Usai Pesta Tak Bisa Dihukum Cambuk

Dijelaskan, dari bulan September sampai dengan saat ini tercatat ada lima ekor sapi yang dimangsa oleh hewan dilindungi itu. Terakhir terjadi pada tanggal 27 November 2019 dan laporan yang diterimanya pada tanggal 28 November.

Pihak KSDA pada kesempatan sebelumnya ingin mengambil tindakan terhadap kasus tersebut, namun dari pihak warga meminta pihaknya agar tidak mengambil tindakan dengan alasan khawatir akan menimbulkan kegaduhan terhadapnya.

“Sekarang muncul lagi. Tim kita sudah turun ke lapangan dan benar terjadi. Kita mengimbau kepada masyarakat agar tidak mengikat hewat ternak di tengah hutan jauh dari kampung,” ucap Kamarudzaman.

KSDA saat ini sedang mendatangkan pawang harimau dari Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat untuk mengusir harimau itu dan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak pemerintah kecamatan.

Tim KSDA juga telah mengunjungi lokasi Dusun Mihra Istimewa bersama pihak TNI dan didampingi masyarakat setempat. KSDA juga mendokumentasikan beberapa barang bukti dan dalam kesempatan itu juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada.

Komentar

Berita Terbaru