oleh

Waspadai Gelombang Tinggi Beberapa Hari Kedepan

-Aceh-55 views

PENANEGERI, Banda Aceh – Jika dilihat dari prakiraan tinggi gelombang yang dikeluarkan Badan Meteorologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh dengan merujuk dari Belawan, fenomena Supermoon tidak berpengaruh secara signifikan untuk daerah pesisir Aceh.

Namun, dalam beberapa hari ini dan tiga hari kedepan, potensi tinggi gelombang laut lebih dipengaruhi oleh adanya pergerakan massa udara dari Laut China Selatan menuju siklon tertutup atau yang disebut juga dengan Edy yang tumbuh di pesisir barat Aceh.

Hal ini dikatakan Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh Stasiun Blang Bintang, Zakaria Ahmad saat dikonfirmasi, Minggu (20/1) malam terkait perkiraan cuaca beberapa hari kedepan.

“Tinggi gelombang yang kami perkirakan kurang lebih mencapai satu hingga tiga meter,” ujar Zakaria.

Meski tak berpengaruh tinggi gelombang akibat Supermoon, namun untuk daerah yang datarannya sangat rendah (elevasinya atau perbedaan tinggi daratan dengan permukaan laut tidak tinggi) atau daerah yang memiliki sejarah banjir rob diminta agar waspada.

“Begitupun dengan munculnya Edy (sheerline) itu pengaruh cuaca juga ada, terutama untuk daerah Aceh Jaya, Simeulue, Aceh Barat, Nagan Raya, Abdya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Subulussalam, Aceh Tengah dan sebahagian Aceh Tamiang diperkirakan akan turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan dapat juga terjadi angin kencang serta petir,” jelasnya.

Baca Juga  KIP Aceh Kembali Lakukan Pendataan ke Wilayah Pedalaman

Sedangkan untuk daerah Sabang, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, Bener Meriah dan Aceh Tengah, lanjut Zakaria, diperkirakan akan terjadi hujan yang tak merata dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Oleh karenanya, BMKG Aceh mengimbau untuk waspada tanah longsor untuk daerah pegunungan. Prakiraan ini kami buat untuk 2 hingga 3 hari kedepan,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru