oleh

Wawasan Kebangsaan untuk Generasi Muda Papua di Perbatasan RI-PNG

PENANEGERI, Keerom – Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw, Pos Yabanda Dpp Serka Januar Afandi melaksanakan kegiatan pengajaran Wawasan Kebangsaan di SD Inpres Yabanda, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.
Jumat (22/11).

Satgas Yonif Raider 300 melaksanakan kegiatan bantuan tenaga pendidik (Gadik) di SD Inpres Yabanda dengan memberikan pengajaran wawasan kebangsaan, yang meliputi pengenalan terhadap Pancasila, mulai dari lambang Pancasila sampai dengan menyanyikan lagu Garuda Pancasila yang diajarkan pada siswa-siswi murid kelas 1, 2, dan 3 yang berjumlah 48 orang, yang bertujuan untuk memupuk rasa kebangsaan pada generasi-generasi muda Bangsa Indonesia.

Satu persatu siswa-siswi murid kelas 1, 2, dan 3, SD Inpres Yabanda ini dikenalkan dengan lambang Negara Republik Indonesia yaitu Pancasila.

Awalnya siswa-siswi merasa malu-malu, tetapi dengan kesabaran dan keikhlasan Personel Satgas dalam mengajak dan memberikan materi wawasan kebangsaan ini, akhirnya siswa-siswi ini bersemangat dan antusias, hampir semuanya merasa ingin tahu, sampai-sampai berebut untuk tampil ke depan menyebutkan sila-sila yang ada pada Pancasila, Sebagai akhir wawasan kebangsaan tentang pengenalan terhadap Pancasila, dengan menyanyikan Lagu Garuda Pancasila secara bersama-sama.

Atas upaya pengajaran wawasan kebangsaan ini, Syam yang menjabat sebagai Kepala Sekolah SD Inpres Yabanda, yang kesehariannya juga mengajar siswa-siswi kelas 3, menuturkan materi wawasan kebangsaan sangat perlu dan penting dikenalkan kepada siswa-siswi pada usia dini, untuk menumbuhkan rasa Cinta Tanah Air dan Bangsa. (pen/red)

Komentar

Berita Terbaru