oleh

Wenger : Transfer Neymar Pengaruhi Rasionalitas Sepakbola

PENANEGERI, Sepakbola – Manajer Arsenal, Arsene Wenger, yakin transfer Neymar senilai € 222 juta ke Paris Saint-Germain membuktikan bahwa sepakbola bukan lagi industri yang rasional.

Barcelona beberapa waktu lalu memastikan bahwa bintang Brasil tersebut ingin meninggalkan klub dan sang striker juga telah dipresentasikan sebagai pemain baru PSG.

Pihak La Liga sebelumnya juga menolak usaha pengacara yang mewakili Neymar untuk membayar dana tersebut agar bisa mengaktifkan klausul pembebasannya, namun langkah rekor dunia terus berlanjut meskipun ada kekhawatiran bahwa hal itu akan melanggar peraturan Financial Fair Play UEFA.

Hal itu akhirnya menarik tanggapan Wenger yang merasa kesepakatan tersebut merupakan konsekuensi alami dari investor kaya yang mengambil alih klub sepakbola, dengan PSG dimiliki oleh QSI (Qatar Investment Authority), sebuah grup perusahaan yang kuat dan berpengaru di negara tersebut.

Manajer asal Prancis berusia 67 tahun ini juga mnerasa tidak terkejut melihat usulan transfer yang bernilai lebih dari € 200 juta hanya setahun setelah Manchester United memecahkan rekor dunia dengan mengeluarkan dana € 105 juta untuk menandatangani Paul Pogba dari Juventus.

“Bagi saya, ini adalah konsekuensi dari kepemilikan sebuah klub. Hal itu telah mengubah keseluruhan sistem sepakbola dalam 15 tahun terakhir. Begitu sebuah negara memiliki klub, segalanya mungkin, jadi sangat sulit untuk menghormati Financial Fair Play. Karena itulah saya selalu meminta sepakbola untuk hidup sesuai dengan sumber dayanya sendiri,” katanya dalam sebuah konferensi pers saat ditanya tentang Neymar yang dilansir ESPN, Rabu (9/8).

“Kami tidak dalam periode apapun di mana anda berpikir ‘jika saya menginvestasikannya, saya akan mendapatkannya kembali’. Kami berada di luar itu sekarang. Angka-angka saat ini melibatkan banyak gairah, kebanggaan, ketertarikan masyarakat, dan anda tidak bisa merasionalisasikan itu lagi,” sambung Weger.

“Sepertinya inflasi meningkat, kami melewati garis € 100 juta untuk pertama kalinya tahun lalu dan hanya satu tahun kemudian kami melewati garis € 200 juta. Ketika anda mengira Trevor Francis adalah orang pertama dengan nilai £ 1 juta (dalam sepakbola Inggris di tahun 1979), dan itu tampak tidak masuk akal, anda menyadari seberapa jauh kita telah melangkah dan seberapa besar sepakbola berubah. Ini diluar perhitungan, di luar rasionalitas,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *