oleh

Wujudkan Sinergitas Kemaritiman, Lanal Simeulue Gelar Coffee Morning

-Pena Berita-79 views

PENANEGERI, Simeulue – Lanal Simeulue menggelar kegiatan Coffee Morning dalam rangka sinergitas antar instansi kemaritiman dan masyarakat bertempat di Mako Lanal Simeulue, Kecamatan Simeulue Timur, Rabu (12/7).

Komandan Lanal (Danlanal) Simeulue, Letkol Mar Idha M Basri, SE dalam sambutannya mengatakan bahwa Kegiatan Coffee Morning ini bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi antar instansi maritim dan masyarakat maritim yang berada di Kabupaten Simeulue. Selain itu, akan dilaksanakan pembentukan forum maritim sebagai bentuk dari forum sosial dan kemanusiaan.

“Forum maritim dibentuk sebagai wujud komitmen untuk kemajuan dan peningkatan masyarakat maritim kepulauan Simeulue”, jelas Danlanal.

Perwira Seksi Operasi (Pasop) Lanal Simeulue juga turut meberikan sosialisasi terkait perijinan dan penangkapan ikan. Hingga saat ini, masih banyak nelayan yang melaut di perairan wilayan Aceh khususnya di Kabupaten Simeulue, belum memiliki kesadaran baik dari segi keamanan maupun persyaratan dalam melaut.

“Keberadaan lembaga adat panglima laut yang berada ditingkat Kecamatan maupun ditingkat Kabupaten diharapkan dapat berperan aktif dan ikut serta membantu para nelayan dalam memberikan informasi yang berkaitan dengan keselamatan dan kelengkapan persyaratan administrasi dalam melaut,” himbaunya.

“Kelengkapan dokumen kapal bagi para nelayan dalam melaut sangatlah penting untuk membantu para nelayan sendiri dan juga petugas dengan tujuan agar mudah saat melakukan monitor dan koordinasi,” tandas Pasop.

Informasi yang diperoleh Penanegeri.com, Forum Maritim Masyarakat Simeulue yang akan dibentuk terdiri dari Ketua yang di Ketuai oleh Danlanal. Kemudian Wakil Ketua I : Dinas Kelautan dan Perikanan, Wakil Ketua II : Kasatpolairud Polres Simeulue, Seketaris : Dinas Pariwisata serta Bendahara dan seksi-seksi bidang yang berkaitan dengan maritim.

Coffe morning tersebut turut dihadiri sejumlah Instansi kemaritiman di wilayah Simeulue diantaranya, Perwakilan Satpolair Polres Simeulue, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pariwisata, Dinas Kehutanan, Dinas Perhubungan, Syahbandar, Kepala Pelabuhan Laut Sinabang, Para Panglima Laut dan sejumlah pengelola Resort di Kabupaten Simeulue. [PN 0007].

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *