oleh

Yufaidir akan Kawal Pembangunan Jalan Cot Meugo

PENANEGERI, Bireuen – Anggota DPRK Bireuen dari Fraksi Partai Aceh, Yufaidir SE akan tetap memperjuangkan agar pemerintah setempat mentuntaskan pembangunan jalan  jalan Cot Meugo, tembus ke Alue Limeng Kecamatan Jeumpa, Bireuen.

Hal itu dikatakanya saat silaturahmi dalam rangka penyerap aspirasi keluhan masyarakat di Dapil 6 Bireuen Kecamatan Jeumpa dan Juli, di Meunasah Gampong Blang Seupeung, Jeumpa, kabupaten setempat, Selasa (5/11).

“Selama ini sarana jalan yang didambakan petani masih rusak berat, seperti kawasan Pinto Angen, dan masyarakat kesulitan melintasi jalan tersebut, baik sata berkebun serta membawa hasil kebunya,” katanya.

Dalam pertemuan itu, masyarakat juga beharap jalan tersebut di aspal sampai ke Cot Meugo hingga sampai Desa Alue Limeung, dan merupakan satu-satunya akses jalan ke Kecamatan Jeumpa.

Apabila jalan yang menghubungkan Alue Limeung, Cot Meugo dan Blang Gandai bisa terwujud secepatnya, maka  memperlancar aktivitas warga sehari-hari, terutama warga Alue Limeng, termasuk warga Desa Sarah Sirong.

“Selama ini kami ke pusat kantor Kecamatan Jeumpa, maka kami terpaksa melintasi Jalan nasional melalui Teupi Mane, Juli dengan jarak tempuh sangat jauh. Namun bila sarana ini tembus, maka sangat bermanfaat bagi kami,” sebut seorang warga Salah Sirong, Jeumpa.

Baca Juga  Ban, Pelak serta Baterai Mobil Kabag Ekonomi Pemkab Bireuen Digondol Maling

Menyahuti hal tersebut, Yufaidir yang juga mantan Geuchik itu mengaku, apabila sarana jalan tersebut tidak disahuti segera oleh pemerintah, dampak tidak hanya dirasakan petani, tetapi guru yang mengajar di SDN Cot Meugo yang ikut merasakan dampaknya.

Dijelaskannya, tahun 2019 pembangunan jalan di kawasan pengunungan itu memang sedang dikerjakan melalui anggaran APBK Bireuen 2019 sebesar Rp 3, 4 miliar. Tetapi dana sebesar itu, hanya mampu tertengani pengaspalan sepanjang 1,2 kilometer dan masih dikawasan  Desa Blang Gandai.

“Sementara sekitar 6,8 kilometer lagi hingga kini kembali rusak parah, dan belum juga dibangunnya saluran atau talut, dan ini perlu segera dilakukan,” ungkapnya.

Dibagian lain, Yufaidir menyebutkan pihaknya akan segera mengupayakan agar jalan tembus Cot Meugo ke Alue Limeng, jeumpa  tersebut bisa rampung dan dilaksanakan melalui dinas terkait.

“Untuk melihat kondisi sarana jalan itu, maka besok (Rabu-Red) saya akan turun langsung ke lokasi pembangunan jalan di Cot Meugo,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar S.Sos yang turut hadir mengungkapkan, apa yang telah disampaikan para keuchik, tokoh dan masyarakat sudah dicatat, selanjutnya diserahkan kepada pemerintah sebagai hasil dari reses anggota dewan.

Baca Juga  Temukan Jodoh, Walikota Langsa Menikah Minggu Depan

Menyinggung terhadap kelangkaan gas dan pupuk seperti diutarakan beberaa warga, pihak dewan yang tergabung dalam komisi yang membidangi hal ini segera memanggil dinas terkait.

“Terkait kelangkaan gas elpiji, kedepan Geuchik dapat melibatkan BUMDes, meminta menyalurkan gas tersebut. Kedepan Dinas harus berkerjasama dengan BUMDes sebagai pangkalan gas elpiji 3 kilogram di gampong, sehingga dapat teratasi kelangkaan gas,” tandasnya yang akrab disapa Ceulangiek itu.

Komentar

Berita Terbaru