6 Kampus Jurusan Areologi Terbaik Beserta Pelajarannya

Indonesia memiliki banyak universitas yang menawarkan program studi arkeologi yang berkualitas. Jurusan arkeologi menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki minat untuk mempelajari sejarah dan kebudayaan masa lalu. Namun, tidak semua universitas memiliki program studi arkeologi yang sama.

Berikut adalah 6 universitas di Indonesia dengan jurusan arkeologi paling kompetitif di Indonesia.

Syarat Menjadi Arkeolog

Ketika anda lulus dari SMA atau SMK mungkin terbayang untuk berencana melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi ketimbang bekerja atau menganggur. Hal itu menjadi pilihan yang bagus. Karena semakin tinggi pendidikan seseorang maka akan lebih mudah meningkatkan taraf kehidupan anda. Lapangan pekerjaan akan semakin luas dengan gaji besar.

Adapun jurusan kuliah yang diambil bisa disesuaikan dengan bakat dan minat. Salah satu pilihan jurusan yang bisa anda pilih adalah jurusan arkeologi terbaik di Indonesia. Jurusan ini masih sangat langka dan hanya terdapat di enam universitas di Indonesia.

Apa Yang Dipelajari Jurusan Arkeologi?

Salah satu pertanyaan yang umum ditanyakan orang adalah apa yang dipelajari jurusan arkeologi? Bagi mereka yang mengambil jurusan kuliah arkeologi data sgp maka akan mempelajari semua hal mengenai kehidupan manusia di jaman peradaban manusia kuno.

Salah satu penemuan peradaban di masa lampau yang penting adalah Candi Borobudur. Penemuan bersejarah ini tak terlepas dari pemanfaatan disiplin ilmu arkeologi. Pada akhirnya peninggalan-peninggalan kuno di masa lampau dapat terus ditemukan dan terungkap bagaimana kehidupan manusia dan peradaban di masa lalu itu.

Sejarah peradaban manusia di masa lalu tak bisa dianggap enteng. Banyak peradaban manusia di masa lalu yang memiliki keindahan yang mengagumkan. Salah satu contohnya adalah piramida di Mesir atau Candi Borobudur di Indonesia. Hal ini menjadi pelajaran bagi kita sebagai makhluk hidup yang mempunyai kecerdasan akal, pikiran, serta estetika yang terus berkembang.

Bagi anda yang menginginkan profesi sebagai ahli arkeologi juga cocok untuk lulusan IPS dan memilih jurusan arkeologi terbaik di Indonesia. Menyangkut apa yang dipelajari pada jurusan arkeologi dapat diketahui dengan mudah dengan melihat mata kuliah apa saja yang diajarkan pada jurusan arkeologi program studi Strata 1.

Berikut ini contoh materi-materi apa yang dipelajari jurusan arkeologi yang sebaiknya Anda tahu.

  1. Museologi atau ilmu organisasi museum.
  2. Zooachaeology atau ilmu yang berhubungan dan mempelajari binatang purba.
  3. Geoarchaeology atau ilmu yang mempelajari kepurbakalaan dan tanahnya.
  4. Archaeobotani atau ilmu yang mempelajari tanaman dan tumbuhan purba.
  5. Lingkungan di sekitar pada masa manusia purba.

Anda yang memilih jurusan arkeologi di perguruan tinggi akan terbiasa untuk melaksanakan kegiatan mengunjungi berbagai tempat yang memiliki jejak sejarah kuno sampai pada situsnya.

Penemuan ekofak, sosiofak dan artefak menjadi bukti kehidupan manusia pada masa lalu. Anda bisa melihat gambaran kehidupan manusia kuno pada jaman purba beserta adat istiadat, kebudayaan dan perangkat yang biasa digunakannya.

Jurusan arkeologi akan memberikan arahan pada mahasiswanya untuk meneliti barang-barang yang ditemukan secara ilmiah. Kemudian melakukan pengkajian dokumentasi.

Bukan sekedar itu, para mahasiswa akan diberikan ilmu cara menganalisa penemuan tersebut termasuk cara memberi interpretasi dan kesimpulan untuk mengungkapkan fakt tentang sejarah masa lalu dari benda atau situs yang diteliti.

Untuk lebih jelas tentang apa yang dipelajari jurusan arkeologi, berikut ini beberapa materi utama kuliah jurusan arkeologi yang bisa menjadi bahan referensi Anda.

1. Barang Purba

Ada banyak peninggalan barang-barang dari jaman purbakala atau manusia kuno. Adapun jenis barangnya bisa berupa barang fisik, dokumentasi,  fakta sejarah, artefak, dll. Barang-barang itu mengandung sejarah dan mampu menguak sejarah peradaban pada masa lampau.

2. Ilmu Arkeologi Dasar

Pada saat seorang mahasiswa jurusan arkeologi masuk kuliah maka mata kuliah pertama yang diajarkan sebagai mata kuliah utama jurusan arkeologi adalah mata kuliah ilmu arkeologi dasar. Dalam hal ini sudah sangat jelas jurusan arkeologi mempelajari tentang hal yang berkaitan dengan ilmu arkeologi dari mulai tingkat dasar sampai ilmu arkeologi tingkat mahir.

Mata kuliah ini akan memberikan pengajaran mengenai  fakta sejarah beserta penemuan artefak di seluruh dunia dan benda purbakala lainnya.

3. Arkeologi Lingkungan

Jurusan arkeologi mempelajari juga tentang arkeologi lingkungan yang mencakup mengenai kehidupan manusia purba dan lingkungan alamnya yang meliputi tanah, binatang purba, dan tumbuhan purba.

4. Museologi

Jurusan arkeologi juga mempelajari Museologi. Apa itu Museologi? Yaitu suatu teknik cara melakukan organisasi museum secara baik dan benar serta tertata rapi.

5. Ikonografi dan Arkeologi Maritim

Berikutnya jurusan arkeologi mempelajari ikonografi yakni teknik interpretasi terhadap suatu objek gambar. Kemudian dilanjutkan dengan mempelajari mengenai arkeologi maritim atau sejarah maritim manusia purba.

Daftar PTN Jurusan Arkeologi

Bagi anda yang berminat belajar ilmu arkeologi, ada banyak pilihan jurusan arkeologi terbaik di Indonesia. Berikut ini sejumlah kampus yang membuka program studi arkeologi yang bisa Anda pilih.

  1. Universitas Gadjah Mada Jogja
  2. Universitas Jambi
  3. Universitas Hasanuddin
  4. Universitas Indonesia (UI) Depok
  5. Universitas Udayana
  6. Universitas Halu Oleo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *