Peluang Kerja Lulusan Ilmu Perpustakaan

8 Peluang Kerja Lulusan Ilmu Perpustakaan

penanegeri.com – Ilmu perpustakaan melibatkan banyak keahlian di bidang Informasi teknologi, manajemen, dan pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan dan menyimpan data. Pada program studi ini kamu akan mempelajari bagaimana memecahkan permasalahan ilmiah di bidang ilmu perpustakaan dan informasi. Juga melatih mahasiswanya dalam melakukan pengelolaan arsip dan rekod. Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan pustakawan peneliti yang terampil dan memiliki daya saing dalam manajemen perpustakaan dan informasi, serta memiliki kompetensi khusus dalam pengelolaan sumber-sumber primer ilmu pengetahuan.

Alasan Memilih Memilih Jurusan Ilmu Perpustukaan

Jika kamu memiliki kesenangan terhadap penyimpanan data dan ingin berkarir di bidang kepustakaan dan pengarsipan, program studi ini mungkin akan menarik untuk kamu. Apabila kamu ingin menekuni bidang ini, sebaiknya kamu mempunyai dasar di bidang informasi teknologi. Selain itu dibutuhkan juga ketelitian dan kerapian dalam mengelola data. Jurusan ini akan mengajarkan Anda mengenai etika kepustakaan, dimana daya analisa Anda juga akan dilatih. Jurusan ini akan menjadikan kita pustakawan yang kompeten dan membekali kita dengan keterampilan mengelola, mengorganisasi sumber-sumber informasi, dan melakukan pelayanan prima sesuai dengan perkembangan teknologi. Dan terlebih apabila kamu menyenangi bidang pengembangan dan pengelolaan lembaga informasi, baik manual maupun digital, jurusan ini akan sangat membantu kamu untuk menjadi konsultan informasi atau konsultan perpustakaan yang kompeten. Selain itu, jurusan ini akan melatih kamu mengenai ilmu keperpustakaan dan mendorong kamu untuk mengaplikasikan kepemimpinan dan manajemen pada lembaga informasi modern.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan Ilmu Perpustakaan bertujuan menghasilkan pustakawan peneliti yang terampil dan memiliki kompetensi dalam pengelolaan sumber-sumber ilmuĀ pengeluaran hk pengetahuan. Berikut adalah beberapa prospek kerja bagi lulusannya:

  1. Pustakawan
  2. Arsiparis/ Spesialis Manajemen Dokumen/ Indexer
  3. Sekretaris Eksekutif/ Administrasi
  4. Pengelola Database
  5. Programmer
  6. Pegawai Negeri Sipil
  7. Konsultan informasi
  8. Konsultan perpustakaan
  9. Technical Services Manager
  10. Administrator
  11. Metadata Specialist
  12. Curriculum Specialist
  13. Conservator
  14. Knowledge Manager
  15. Training Resource Manager
  16. Cataloger
  17. Editor
  18. Marketing Manager

Dengan kemampuan teknologi informasi dan analisa yang diperoleh selama kuliah, kamu juga bisa berkecimpung didunia togel singapore percetakan, media, jurnalistik, jasa pengelolaan serta penyimpanan arsip dan dokumen, web design, jasa pembuatan paket-paket informasi, Informasi Teknologi, perbankan/ keuangan, analisa data, atau yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *